
jd sudut rack (sudut komstir), ketinggian motor, jarak sumbu roda, dan panjang swing arm dibikin utk mencapai top speed setinggi2nya..
nah dng mengusung mesin 800 cc (motogp) - 1000 cc (wsbk) tau sendirikan bobot kendaraan nya brp..??
setau saya.. gsx-r 750 thn 96 (kebetulan dulu pernah punya) bobotnya udah 325 kg kosong...
jd pada saat masuk tikungan tetap hrs pake cara CS jg...
tapi seblm CS badan/bobot tubuh hrs disiapkan kearah dalam tikungan..
knp bgt..?
krn klo gak kita rebahkan ke dalam ntar malah ridernya yg dibawa motor keluar jalur... kalah bobot/moment nya dng motor...
ujung2nya ya jatuh deh...hehehehe..
trus knp kok dengkulnya sampe nyentuh aspal..??
sliding dengkul ada fungsinya jg... selain menjaga keseimbangan motor, berfungsi utk kembali keluar dari tikungan...
kok bisa utk keluar dr tikungan..??
lah kan bisa kita liat rider lg rebah2an di tikungan trus tiba2 jalannya lurus.. spy ridernya bisa duduk dijok lg, dengkul disentak sedikit ke aspal, dng menggunakan moment balik dr rebahnya motor maka rider bisa duduk kembali ke jok + bs meluruskan motor ke arah yg diinginkan..
utk supermoto fungsi dan tugas nya CS sama aja...
tp knp kok kaki yg turun..??
ini sebenarnya karena karakter motor yg digunakan..
motor trail punya stang baplang, panjang dan sedikit lebih tinggi dr pinggang rider + posisi jok tepat diatas mesin atau ditengah2 motor...
kondisi ini memudahkan handling keluar masuk tikungan krn postur motor yg tinggi..
nah klo dipake buat supermoto, gaya crooser tetap hrs dipakai krn emg karakter motornya gt + kebiasaan kaki turun...
kenapa kaki nya kok pake turun, knp bukan dengkulnya aja..??
duluuuu sekali.... klo cross kan identik dng lumpur.. nah spy motor tuh cepet balik lurus dan tetap seimbang dijalur lumpur mau gak mau kaki ikut turun...
coba deh klo jalan dilumpur pake gaya motogp.. aneh gak..
tapi fungsi kaki yg turun jg utk membantu rider masuk ketikungan...
motor trail klo udah kenceng emg susah dibawa tikungan cepat krn motornya tinggi..
artinya kaki diturunkan utk memindahkan bobot ke arah dalam tikungan..
tp ada yg udah menembus mitos diatas td...
coba liat film nya nicky hayden pake trail...
krn dia tau karakter jalannya adalah aspal jd males turun kaki..
cukup dengkul ajah...
coba hayden nya main dilumpur pasti kakinya turun jg..hehehe
(sumber http://www.honda-tiger.or.id/forum)
Liat Video disini
No comments:
Post a Comment